Mari Berkebun

Resolusi Tahun 2016 # memenuhisayuransendiri

Jadi begini ceritanya, Aku lagi seneng berkebun. Bukan hanya tanaman bunga, tetapi mulai merambah ke sayuran. Habisnya sayuran makin mahal saja sekarang. Hampir naik 100% bo. Jadi mikir sendiri, napa tak bertanam sayuran aja sekarang. Nggak ada lahan ya ditanam dalam pot solusinya. 

Aslinya sih bondo nekad, karena minim ilmu soal tanam menamam sayuran. Yang penting gaspol, langsung tancep. Seperti contohnya sayuran kangkung ini. 


project pertama menanam kangkung



Waktu itu aku memasak tumis kangkung. Karena hanya kuambil daun dan batang yang masih muda.Jadi batang tuanya kubuang,etapi kulihat akar dan batangnya masih bagus. Daripada di buang ketempat sampah, napa nggak dicoba ditanam saja. Potnya pun dari barang bekas, ember plastik yang sudah robek. Owh ceritanya bertanam serba ngirit nih....hehheehehehe. Bismillah bisa!

 Nggak nyangka sekitar semingguan, daunnya sudah lebat.Aih seneng banget! tinggal nunggu waktu buat panen. Ups! Dari situlah makin termotivasi untuk mulai berkebun sayuran.


rimbunnya daun kucai dan kemangi
Kemudian, tetangga memberiku hadiah se pot tanaman kucai. Karena sudah penuh ku tanam lagi ke pot lainnya, dan lihat sudah mulai penuh. Dan mulai berbunga. Tanaman kucai ini kadang kugunakan untuk tambahan bumbu saat aku membuat perkedel jagung atau tempe mendoan. Rasa perkedel jagung dan tempenya lebih enak.

Yang paling mudah tumbuh adalah kemangi, aku memiliki beberapa pot. Aku suka banget dengan bau dan kemangi yang segar selain kugunakan untuk lainnya. Misalnya untuk lalapan, sambal kemangi, untuk tambahan sayur bening. Sehingga sayur beningnya rasanya lebih segar. Plus sekarang  buat anti nyamuk. Nanti aku tulis soal ini.



tanaman tomat dan ubi jalar.
Setelah lumayan suksek dengan sayuran kangkung, aku mencoba menanam tomat. Biar  murah meriah, kusemai dari biji yang kudapat dari tomat yang busuk yang ada dikulkas.Tomat busuknya tinggal taruh di pot atau polibag. Tutup dengan tanah gembur, dan beberapa hari kemudian akan tumbuh tanaman baru. Setelah tanaman cukup besar, nanti dipindahkan ke pot lain.

Aku tertarik untuk menanam ubi jalar dan Pare. Semua kutanam dalam polibag. Ubi jalarnya kudapatkan saat membuat kudapan ubi goreng. Sedangkan parenya kutanam dari biji. Sekarang tanaman tersebut tingginya sudah 40 cm. Aku semakin tertarik untuk berkebun dan daftar tanaman yang kutanam sudah ku list. Seperti, bayam, sawi,terong. kenikir,cabe,bawang dll.

Tak mau ngoyo, kujalanin acara berkebun dengan sukacita. Sambil mengajari Key dan melatih kesabaranku. Bagaimana rasanya menunggu. Terasa menyenangkan, melihat proses tanaman bertumbuh dari biji sampai besar. Dan akhirnya bisa kita ambil manfaatnya. Sungguh sesuatu sekali!

 Aku mensyukuri segala NIKMATNYA. Hal -hal kecil yang sering kita abaikan. 


Lantas...masihkah kita lupa akan semua NIKMAT YANG ALLAH BERIKAN???








Comments

Tulisan Beken