Segarnya Minuman Belimbing Wuluh


Sebulan ini saya lagi suka dengan belimbing wuluh.Iya belimbing wuluh yang rasanya masam itu bila dimakan langsung. Karena itulah tak banyak orang yang menyukainya. 

Meskipun begitu, saya suka apalagi buah belimbingnya di buat rujak, sambel atau asem-asem ikan.Wuidih...sedapnya! kecutnya itu berkurang,  malah masakannya jadi seger. Belum makan aja air liur saya udah menetes. Cieeeeeeeeeeeeee lebayyyyy.

Belimbing wuluh atau dikenal dengan averhoa bilimbi atau bisa juga disebut cucumber tree atau kamias. Ternyata diam diam memiliki manfaat yang bagus buat kesehatan. Daun serta buahnya bisa untuk mengobati banyak penyakit . Dari penyakit kulit, gigitan serangga, jerawat,rhematik, penurun panas, diabetes,batuk sampai untuk menurunkan berat badan. Wow ! luar biasa bukan.

Pantesan saja, mertua saya dulu bilang suka banget membuat jukut daun belimbing atau lawar babi yang di campur darah plus daun belimbing. katanya sih enak. Nggak tahu aslinya piye, wong kagak pernah nyoba. 

***
Berawal dari temen saya yang datang kerumah trus crita ngalur ngidul...eh ujung-ujungnya crita rujak belimbing wuluh. Yach sayapun penasaran.  Esoknya saya nyoba, beruntungnya saya dapet dari si mbak sayur gratis. Padahal jarang-jarang lho ada belimbing wuluh. Dan emang bener, rujak belimbing wuluh enak.

Dari situ saya jatuh cinta sama belimbing wuluh. 

Sayangnya susah untuk dapetin buah itu. Nah...kakak ipar tahu. Dan akhirnya dibawakanlah saya sekeresek penuh. katanya dirumah sodaranya banyak, buahnya sampai berjatuhan segala. Karena nggak ada yang ambil.

Waks..... bingung mo di buat apa?

Aha..napa nggak di juice atau minuman lain yak? 

Nggak pake babibu, saya iris tipis tipis 7 buah belimbing wuluh. Saya sengaja buat dikit karena khawatir hasilnya tak memuaskan. Lah kalau memang enak ya buat lagi, biar tetep fresh.

Kemudian irisan tersebut diberi garam buat ngeluarin getahnya. Setelah itu cuci beberapa kali dan ditiriskan. 

Lalu saya masukkan belimbing wuluh ke dalam panci berikut dua gelas air dan gula sesuai selera. Masak diatas api sedang,setelah mendidih matikan.

Setelah dingin masukkan ke dalam kulkas. Minuman ini enaknya di minum saat cuaca panas. Karena rasanya segar, ringan di tambah perpaduan rasa asem dan manis sangat menggugah selera. Menurut saya minuman belimbing wuluh ini, rasanya lebih enak daripada minuman dari asem jawa.
kamias drink ala fidia




Comments

Tulisan Beken