Daun Kelor Si Kaya Manfaat

tanaman kelor sudah banyak daunnya



Menurut tetanggaku sayur daun kelor itu maknyus. Apalagi dibuat sayur bening, trus nasinya jagung, lauknya ikan asin plus sambal terasi pedas. Weh, top markotop dah.

Tetapi, aku belum percaya. Wong makan saja kagak pernah. gimana bisa bilang enak. wkwkwkwk gimana zeh. Lagian ada perasaan gimana gitu ya, kan daun kelor  kadang buat mandikan jenazah. Konon untuk membersihkan" ilmu" si jenazah. Ih masak dimakan, aya aya awe.


Namun, rasa penasaran tuk mencoba semakin menggoda. Nggak seru keknya bila tak membuktikan apa sayur bening daun kelor itu enak apa nggak. 

Eaaaaaaaa, pucuk dicintapun tiba. Dirumah sodara ternyata ada serumpun pohon kelor menjulang tinggi. Sayapun meminta kepadanya. Alhamdulillah dikasih bo, berikut resep sayur bening daun kelor. Heheheh maklum saya masih belajar masak.
Daun kelorpun yang masih muda saya masak, sedangkan batang kelor rencananya akan saya tanam. Supaya bila saya butuh, tinggal petik saja sekaligus sebagai rtanaman peneduh untuk tanaman sayuran saya nanti. 

Sumprit, sayur bening daun kelor enak dan segar banget. Apalagi dimakan saat cuaca panas, atau untuk berbuka puasa. Wes uenak poll. Key saja suka. Sedangkan suami emang dari sononya kagak suka sama sayur bening.

Oh ya, soal batang batang kelor, Saya tancepin saja batang-batang  itu di ember kecil. Subhanallah tak sampai satu minggu batang -batang itu sudah bersemi. Gampang banget tumbuhnya. Hati saya jadi sumringah.

Batang tanaman kelor yang baru bersemi.
Kemudian saya iseng mencari adakah manfaat lain yang bisa di ambil dari tanaman kelor ini,selain dimanfaatkan untuk sayur. Eng ing eng...hasilnya banyak lho. Menurut wikipedia manfaat daun kelor itu antara lain:
  1. eningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  2. Menyegarkan mata dan otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan stuktur sel tubuh
  5. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  6. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  7. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  8. Memperindah kulit
  9. Meningkatkan energi
  10. Memudahkan pencernaan
  11. Antioksidan
  12. Memelihara sistem imunitas tubuh
  13. Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  14. Bersifat anti-peradangan
  15. Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  16. Mendukung kadar gula normal tubuh

Jadi tambah suka saja jadinya.




Comments

Tulisan Beken