Sekolah Mahal Dan Keberhasilan Anak



Ajaran baru sebentar lagi. Orang orang,termasuk saya mulai sibuk mencari sekolah yang bagus buat anak kami nanti.

Berbicara mengenai sekolah bagus,kriterianya seperti apa sih? Kata si A sekolah bagus itu yang biayanya mahal. Kata Si B sekolah yang pendidikan agamanya bagus, Si C bilang sekolah bagus yang memiliki segudang prestasi Sedangkan yang lainnya sekolah bagus itu biayanya murah. 


Gedung bagus,progam bagus plus fasilitas oke,perkelas dibatasi berapa murid dengan guru yang sudah diseleksi  tentunya biaya sekolahnya jauh lebih mahal dari sekolah biasa yang minim fasilitas. Ya ialah…kan semua belinya pake duit, emangnya pake daun. Mana ada bo.

Sebagai manusia normal,bila dikasih pilihan otomatis kita akan memilih sekolah yang lebih baik, ntah itu gedung,prestasi dll. Apalagi itu untuk anak-anak kita sendiri. Tetapi..haruskah kita memaksakan diri jika kita tak bisa memberikan sekolah yang terbaik untuk mereka?

Zaman sekarang sekolah yang bagus itu berarti sekolah dengan biaya mahal. Akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong menyekolahkan anak mereka kesana. Meskipun mereka terengah –rengah.

Contohnya masuk TK saja. Orangtua rela membayar beberapa puluh juta untuk anaknya supaya bisa masuk ke sekolah mahal yang mereka anggap favorit. Wong anaknya juga masih les baca tulis diluar kok. Napa nggak sekalian aja diajarin disekolah. Lantas favorit dari mana?Apa nggak akal-akalan sekolahnya saja yang menjual brand favorit. Halah..padahal lulusannya sama saja dengan TK biasa.

Saya bukannya alergi memasukkan anak ke sekolah mahal. Tetapi dalam hal ini logika kami masih berjalan,terutama mempertimbangkan soal finansial. Kami emoh ikut menyekolahkan anak karena gengsi. Jadi sewaktu teman-teman kami bergunjing,kenapa kami menyekolahkan anak kami di sekolah biasa. Ya kami cuek aja. Wong memang mampunya segitu masak harus dipaksakan ke sekolah yang mahal. 

Toh juga keberhasilan anak kelak bukan ditentukan oleh mahal tidaknya sekolah. Sebab selain otak anak yang encer,peran orang tua juga sangat berpengaruh untuk keberhasilan anak.Itu yang saya tanamkan kepada anak kami. Ditengah segala keterbatasan yang dia peroleh, jangan sampai dia minder. Dia harus kerja keras mengejar segala impiannya dan tunjukkan bahwa dia bisa bersaing dengan anak-anak sekolah bonafid. Buktinya dia bisa.

Jangan sampai deh,harapan kita selaku orang tua terlalu tinggi bahwa sekolah mahal sudah pasti akan membuat anak kita berhasil.  Sehingga menyerahkan semua tanggung jawab pendidikan anak kepada sekolah. Hadeh!

Sayangnya hal ini tidak disadari oleh para orangtua. Mereka tetep berbangga hati dan pamer kesana kemari anaknya dapat masuk sekolah bonafid tanpa melihat kemampuan anaknya sendiri. 

Disitu akhirnya saya mikir Gengsi itu mahal Ya?!!!!!!!!              






Comments

Tulisan Beken