Tteokbokki Masakan Korea Rasa Jawa

Keseringan nonton Drama Korea, aku jadi pengen mencicipi  masakan Korea terutama Rice cake atau Tteokbokky dalam bahasa Korea. Lihat artisnya makan, aku jadi ngiler sendiri. Sampai aku bawa lap saking pengennya.wkkkwkwk lebay.Tapi...aku tak tahu dimana beli Rice cake dikotaku. Perasaan yang ada kebanyakan nasi pecel, nasi jagung, rawon, bakso, gado-gado...hehehhehehe.

 

Kemudian, aku baca-baca di mbah google. Nyari resep yang cucok buatku, jadi bingung karena banyak resep. Akhirnya dapat resep di mangchi,lalu aku bereksperiment sendiri.
Gugup waktu buat pertama kalinya. Sebab aku belum pernah tahu rasa aslinya bagaimana. Tapi..hal itu tak menyurutkan keinginanku untuk membuat Tteokbokki. 


Tteokbokki rasa jawa


Bahan:

100 gr tepung beras rose brand
3 sdm tepung tapioka
sejimpit garam
Minyak sedikit
Air panas secukupnya.

Langkah:
Masukkan tepung beras dan garam ke dalam mangkuk besar,lalu siram air panas, aduk-aduk sampai menggumpal-gumpal.

Kemudian kukus sekitar 3 menit. aduk aduk lagi supaya rata, masukkan kembali ke dalam kukusan selama 3 menit. Hal ini untuk mengurangi bau dari tepung beras. Angkat, lalu tumbuk pake ulekan yang ditaruh dalam kantung plastik.Kantung plastiknya sudah diolesi minyak supaya memudahkan dalam menumbuk. Tumbuk sampai kalis.

Setelah itu bentuk lonjong, potong-potong seukuran jari dan rebus pada air yang sudah mendidih. Angkat setelah mengapung diair.

Bumbu Tteokbokki

3 siung bawang putih,iris tipis
Bawang bombai iris memanjang
3 sdm saos sambal
2 sdm kecap manis
air/kaldu ayam secukupnya
royco

Panaskan wajan yang sudah diberi minyak, tumis bawang  putih dan bawang bombai sampai harum, masukkan tteokbokki,saos sambal, kecap manis, royco dan air /kaldu ayam secukupnya. Setelah agak mengental angkat. dan sajikan.

Hmm ....rasanya lumayan enak. Memakannya saya inget makan cilok namun berbda bahan dan versi, wkwkkwkwkw.



 
   




Comments

Tulisan Beken