Riba Bikin Amsiong


Arghhhhhhh.....tertonjok oleh videonya Mas Saptuari Sugiharto. Berarti tanpa kusadari, saya bersahabat dengan riba toh! kirain riba itu hanya minjem duit dari rentenir. ternyata pinjem duit di bank, trs leasing motor juga termasuk. Hiiiiiii ngeri. 


Pantes saja, usahaku saat ini masih jalan di tempat. Padahal hasilnya lumayan, eh...buat bayar cicilan motor sama mobil.Tabungan bukannya nambah malah habis kesedot,buat biaya dan lain lain. Gimana duong? Salah sendiri, siapa suruh nyicil mobil, second lagi! Akhirnya cenat cenut sendiri sekarang. Mo di jual, rugi juga. Belum bayar sisa cicilan plus pinalti. Ya sudah. Jalanin saja. Asli...rada cengkarut,mikir tiap bulannya. Heeee..jadi curcol.

Jadi inget dulu, waktu punya bisnis laundry sama temen. Duitnya ya pinjem dari bank. Karena pelayanan kami bagus. Banyak deh pelanggannya, dari orang asing sampai orang lokal. Sayang, nggak bertahan lama, usaha laundry terpaksa di tutup, padahal pas lagi diatas. Income, lagi enak-enaknya. Sebab tutupnya, rahasia. hehhehehhehe.

Hilang sudah, impian! Untuk melebarkan sayap.

Sedih, kudu merumahkan anak buah yang sudah saya anggap sodara. Yang tiap hari tertawa bareng, makan bareng. Dan sayang sama Key. Cieeeeeeeeeeee 

Ngomongin soal riba, baru deh ngeh, kalau tiap harinya kita secara tak sadar , kehidupan kita di kelilingi oleh riba. Dengan adanya berbagai kemudahan, mereka merayu. Contoh; pengen kondangan, nggak punya baju baru. gampang saja! kita bisa nyicil baju ke butik Pingin punya T*****rware, tinggal telpon temen, bisa nyicil, pengen punya kerudung cantik, mereka dengan senang hati memberi kelonggaran. Kalau nggak dikreditin, jarang sekali dagangan mereka laku. Padahal kalau di hitung, jatuhnya lebih mahal daripada beli cash. Tetapi ya gitu deh, terperangkap lagi,karena ngikutin gaya hidup Hari gini gitu lho. kalau nggak gaya, nggak asek! Huweeekkkkkkkkkkkkkkkkkkk.

Jadi mikir!!!!!!!!!!!!!!!

Sekarang semua tergantung dari pengendalian diri. Dan itu nggak gampang! Supaya ego tak terus merongrong naik.  Meskipun susah harus di coba. Emang enak, hidup dalam kekhawatiran terus, gegara mikirin cicilan. Nggak enak bo'. kek di kejar apa gitu. 
Bismillah bisa!!!!!!!

 




 






 

Comments

Tulisan Beken