Kiat Sederhana Menghilangkan Kecemasan



Beberapa hari ini saya dilanda kecemasan akut tentang masa depan. Mengingat apa yang saya lakukan sepertinya berjalan di tempat dan semua rencana yang telah disusun rapi, tak ada yang berjalan. Hingga saya takut untuk memiliki sebuah rencana.
 

Bagaimana kalau begini,bagaimana kalau begitu?  Arrrghhhhhhh kepala saya semakin penuh.


Belum lagi memikirkan masalah sahabat yang tak kunjung selesai. Tiap mendengar ceritanya, beban dipundak saya semakin berat. Saya tidak dapat melakukan apa-apa untuk membantunya berdiri.

Setiap memikirkannya, bukannya mendapat kemajuan, malah pikiran ini semakin kacau, level kecemasan semakin meningkat. Malah pikiran “aneh”datang. Saya seperti mengarungi lautan sendiri, yang ombaknya kian lama kian besar menghantam saya. Sekuat apapun saya mendayung, sampannya tetap tidak bergerak. Saya kelelahan dan putus asa, dan ada keinginan untuk kembali ke daratan. Ajip dah.

Lalu saya termenung, mencerna apa yang terjadi.

Kemudian saya mulai menyadari, bahwa tak semua pertanyaan dan persoalan bisa saya jawab dan selesaikan. Ada banyak hal yang tak bisa saya control, sesuai denganapa yang saya inginkan. Meskipun saya sudah berusaha melakukannya dengan baik. Namun hasilnya tetap bukanlah saya yang menentukan.

Akhirnya saya pasrah, letting go….biarlah Allah yang menjawab nanti. Kemudian pelan-pelan mengucapkan kata-kata affirmasi positif pada diri sendiri, lalu mengalihkan perhatian ke hal-hal lain. Daripada memikirkan sesuatu yang belum terjadi, lebih baik focus dengan hari ini. 

Makjleb!! 

Ngapain saya pusing yak, memikirkan sesuatu yang belum pasti.Saya juga tidak tahu, besok Allah punya rencana apa untuk kami. 

Ketika pikiran kita teralihkan. Secara otomatis pikiran kita tidak lagi memperhatikan masalah yang kita hadapi, namun terfokus dengan pekerjaan yang kita lakukan saat ini.
Rasa cemaspun, perlahan terkikis dan berganti dengan semangat. 

Nyapu sambil nari sambalado...hhhehehehehe...

note: foto diambil dari  mememaker.net

Comments

Tulisan Beken