Mengenal Lebih Dekat Permata Tersembunyi Di Kamboja: Chef Siv Pola





Chef  Siv Pola - Secret Retreats


What I have learned in life is that whatever you do, it's all about the passion. When you have the desire to fulfill your passion, you will always find motivation and the means to achieve it. That is also my wish for the younger generations - do what you like to do, and do it not for the money.” – Chef Siv Pola


Pola lahir dikeluarga miskin di desa Bakong. Hanya beberapa kilometer dari Ibukota Provini Siem Reap, Kamboja. Selama perang komunis antara Pemerintahan Kamboja dan Khmer merah.


Hasratnya pada makanan bermula dari masakan ibunya dirumah. Karena dia turut membantu menyiapkan makanan untuk keluarganya, sehari dua kali. Suatu hari dia berkata “Kami tidak memiliki keinginan lain selain bebas dari perang dan memiliki makanan untuk dimakan. Kami menanam sayuran, herba, dan salad di sekitar rumah yang kita gunakan untuk memasak dirumah dan kadang menjualnya sebagian kepasar.

 
Mie cafe dish - secret retreats
Pola, tumbuh tanpa mendapatkan edukasi yang layak dan saat remaja dirinya mendapatkan pekerjaan sebagai pencuci piring di sebuah restaurant di salah satu hotel kecil selama beberapa tahun.

Setelah perang usai, Sekolah hotel pertama dibuka di Siem Rep yang bernama“Ecole d’Hotellier et de Tourisme| Paul Dubrule”. Pola berkeinginan masuk kesana, namun terkendala dengan tingginya biaya sekolah.Merasa putus asa karena ingin masuk tapi tidak mampu membayar biaya uang sekolah $500 pertahun. Pola mengambil sebuah lompatan besar dalam hidupnya. dan meninggalkan Kamboja dan pindah ke Bahrain selama satu tahun untuk mencari pendapatan yang lebih baik, kemudian ditabung untuk sekolahnya

Mie Cafe flower Tea -Secret Retreats


Begitu sampai Di Bahrain, dia sangat menyukai gaya hidup disana, dikelilingi oleh orang-orang dari diseluruh penjuru dunia. Dan mulai belajar tentang perbedaan budaya, bahasa dan makanan. Rencana awal akan tinggal setahun disana, berubah menjadi dua tahun dan Pola tidak ingin kembali.

Dia kemudian pindah ke Pulau Cayman, dan meyadari dia dapat memperoleh uang banya.Dia, tinggal disana selama 3 tahun. Dan rela bekerja dengan waktu yang panjang supaya bisa menabung dan bisa masuk sekolah Kuliner di Switzerland. Siv Pola lulus dari The Culinary Arts Academy of Switzerland di Luzern, dan kemudian magang di restauran bintang dua Michelin, Domaine de Chateau de Chateauvieux di Satigny.

Mie Cafe dish -Secret Retreats


Pada tahun 2012 dia kembali ke Kamboja, dan memulai mimpinya membuka restaurannya sendiri. Dirumah sang nenek. Rumah Khmer kayu yang cantik. Tak jauh dari kota Siem Riep. Dengan menggunakan pengalamannya selama berada diluar negeri, kemudian menitik beratkan pada bahan segar lokal. Chef Pola, memadukan makanan barat dan makanan tradisional Khmer dengan resep rahasia keluarganya dan dengan gayanya sendiri. Rasa makanan yang dibuatnya sangat mengejutkan, orisinil dan kreatif.Selain itu, makanannya  merefleksikan dirinya, sebagai orang yang murah hati, low profil, sensitive dan peduli.



Awalnya, Mie Cafe hadir dengan amat sederhana, tanpa peralatan masak yang memadai, jangankan memiliki mesin kopi bahkan sebuah oven atau kulkaspun dia tidak punya. Pada awalnnya Mie Cafe di buka sekadar menyediakan Soup mie sederhana untuk sarapan pagi dan makan siang. Seiring berjalannya waktu, pelan-pelan, usahanya ini berkembang menjadi Restauran dengan 35 tempat duduk dan  memiliki 9 karyawan yang membantunya

Mie cafe - mie cafe website


Kini, Mie Cafe menawarkan kenyamanan pengalaman bersantap. Dibalut dengan suasana hangat, dan dapat melihat langsung kesibukan dapur saat menyiapkan makanan modern dengan sentuhan pribadi sang Chef. Beraneka ragam makanan lezat, termasuk salad daging sapi, tuna tartar,kare dengan udang ravioli. Pemandangan taman,dengan tanaman sayur, herba, dan bunga. Semakin menambah rasa relax. Dengan taman organik dan herba segar di bagian depan. Lantai dasar menawarkan tempat yang enak, udara terbuka dengan pemandangan menghadap ke dapur. Sedangkan Lantai dua ada ruang makan yang nyaman, dengan lantai, atap dan dinding kayu.Ah....tak salah bila Chef Siv Pola dan Mie Cafe disebut sebagai Hidden gem’s of Cambodia.



Mie Cafe Dining room - Secret Retreats.






Nggak usah pake mikir lagi. bila kalian akan jalan-jalan ke Kamboja. Sepertinya Mie cafe layak di kunjungi. Sekalian berkenalan dengan Chef yang baik hati dan sederhana ini. Kalau ada spesial request, misalnya vegetarian, Sebaiknya memberitahu dulu. Supaya Chef Pola bisa membuatkan menu spesial untuk kalian.

Buka untuk makan siang dan makan malam. 
Alamat lengkapnya disini 085 Phum Treng, Khum Slorgram Siem Reap, Cambodia


Mie Cafe - Secret Retreats 






Comments

Tulisan Beken