Juice Cosmos, Antara Keterkejutan Dan Penasaran


Juice Kenikir dan Timun


Kenikir (Cosmos caudatus) disebut juga dengan ulam raja. Merupakan merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin Tengah, tetapi dapat tumbuh liar dan mudah, seperti di Indonesia, dan Negara Asia Tenggara lainnya.

Daun tumbuhan kenikir ini, baik yang tua atau yang muda, enak sekali disantap sebagai lalapan, dimakan mentah dengan sambal terasi atau di rebus sebagai campuran pecel.

Namun untuk menggunakannya sebagai Jus, saya tak pernah memikirkannya sebelumnya. Meskipun saya termasuk salah seorang yang suka berpetualang dengan rasa serta menyukai hal –hal baru.


Saya mulai tertarik untuk membuat jus kenikir setelah membaca komen seorang teman di laman facebook saya. Hmmm….ini menarik. Kenapa tak saya coba. Sebagai penambah referensi menu. Apalagi saya mulai menerapkan pola hidup sehat,dan pelan-pelan beralih meninggalkan karbohidrat. Sebagai gantinya banyak mengkonsumsi sayuran hijau, buah local dan musiman. Kenapa memilih itu, karena harganya murah, dan bisa membantu petani kita…cieeeeee. Cinta produk-produk Indonesia gitu lho.

Membuat Juice yang sesuai dengan “taste” kita adalah tantangan seru, seperti bermain hide and seek. Kita mencari, dan gembira ketika “rasa” itu bisa kita ketemukan.

Pun begitu dengan juice kenikir alias cosmos. Dengan berbekal ras penasaran yang kuat sayapun mencobanya. Mengingat rasa daun kenikir yang menurut saya seperti mangga muda, sepertinya tak jadi soal.

Tak banyak campuran yang saya buat dalam juice kenikir tersebut. Hanya segenggam daun kenikir dan satu ketimun. Kemudian saya blender untuk beberapa detik, kemudian langsung diminum. Hasilnya, sangat mengejutkan, enak dan segar. Tak ada bau “langu” sayuran,Sama persis dengan gambaran rasa yang saya pikirkan. Jadi suka!

Setelah mengkonsumsinya, sayapun terbekati dengan manfaat kenikir untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

1.    Obat kanker
2.    Obat lemah jantung
3.    Penambah nafsu makan
4.    Menguatkan tulang
5.    Penambah imunitas

Siapa yang tambah jatuh cinta atuh neng.




Comments

Tulisan Beken