Soup Ikan Ber-Labu


Soup Ikan Ber-Labu kuning


Helloooooooo......selamat pagi. Apa kabar? Semoga semua pembaca setia blog OmahFidia dalam keadaan sehat dan bahagia. 

Begini nih, efek sarapan segelas jus timun dan kenikir plus dua pisang rebus. Perasaan diriku makin cerewet  hahhahahahaha.

Berhubung aku lagi suka dan pengen membuat sesuatu yang enak, jadinya..selain fiksi, blog ini insyaallah nantinya akan berisi menu-menu kreasi sendiri. Sekalian buat tempat menyimpan menu. Bukan hanya yang enak, yang gagal atau yang aneh akan kutulis.


Breath.......

Beberapa hari lalu aku membuat Soup ikan ber-labu. Kata penjual sayurnya nama ikannya ‘mata belok’ yach aku percaya saja, soalnya ikannya sudah mati jadi belum sempat nanya nama aslinya. #gubrak.

Oke serius.....

Sebelum-sebelumnya, aku tidak pernah membuat yang namanya soup ikan. Ih....pasti amis dah. Masakanku kebanyakan tumis. Bila ada yang berkuah, paling soto atau rawon, itupun bumbunya pake bumbu jadi, tinggal di cemplungin beres. Kalau pengen sayuran lodeh, tinggal beli. Beres....huaaaaaa....aslinya males ribet ngulek ngulek bumbu. 


 
Kembali ke soup ikan.

Setelah ikan belok kubersihkan, lalu kupotong jadi dua, dan kulumuri jeruk nipis, untuk menghilangkan rasa amisnya. Setelah itu.bawang putih dan bawang prei kuiris tipis kemudian kumasukkan dalam panci yang sebelumnya sudah kuberi minyak dikit. Setelah wangi, masukkan kaldu ayam secukupnya, kemudian labu kuning, wortel, cabe  Setelah mendidih masukkan ikan. Setelah itu masukkan garam, merica. Bisa juga dikasih royco, diskip juga kagak apa-apa. Tes rasa. Bau amis ikan masih agak terasa.....otakku berpikir cepat. Aha! Lantas kuberi irisan jahe, kunyit dan asam jawa yang sudah kularutkan dengan sedikit air. Plung.....tunggu beberapa menit, kemudian ku tes lagi....rasanya....endes banget! Bau amisnya sudah hilang. Well done!

 Oke catet bahan-bahannya

Ikan mata belok
Labu kuning potong sesuai selera
Wortel potol sesuai selera
Bawang putih iris tipis
Bawang prei iris tipis
Kunyit secukupnya, geprek
Jahe secukupnya, geprek atau iris tipis
Asam jawa
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Royco 

Karena sudah kuanggap berhasil membuat soup ikan ber-labu kuning. Maka hari ini aku memutuskan untuk membuat soup ikan lagi. Karena kemarin makannya hanya salad saja. Jadi sekarang, pengen makan sesuatu yang berkuah, dan rasanya soup ikan yang paling cocok, rasanya segar dan yang kusuka ada rasa asamnya. Helah.

Kali ini soup ikannya bukan soup ikan ber-labu kuning. Tetapi Soup ikan ber-labu siam. Tetapi....ada bahan yang kuganti, bawang prei ku ganti bawang merah dan asam jawa, kuganti dengan tomat. biar tahu apa ada perbedaannya. Hasilnya sama-sama enak.

Soup Ikan Ber-Labu Siam





Sekedar catatan, ikannya lebih enak di fillet dulu, jadi tidak ribet bersihin durinya saat makan.
 
Ya sudah gitu aja




Comments

Tulisan Beken