Easy Vegetable Cream Soup From Scracth




Vegetable Cream Soup
 
Namanya emak-emak, berusaha hidup hemat itu suatu keharusan. Bila tak ingin finansial rumah tangga berantakan. Sekecil apapun itu, bila kita bisa melakukannya. Rasanya menyenangkan.

Dirumah, saat membuat salad dari sawi putih (Napa Cabbage) aku hanya menggunakan setengahnya saja yaitu bagian atasnya saja, sedangkan bagian bawah, tak kugunakan karna aku tak menyukai ketebalannya saat digigit. Entahlah.....


 
Namun, bila dibuang rasanya sayang banget. Bagian bawah itu masih bagus dan layak dimakan. Bisa dibuat campuran tumisan atau cap cai dengan tambahan bakso pasti sedap sekali.

Dan kali ini aku tak mau membuat masakan itu. Aku ingin membuatnya menjadi cream soup. Yups! Idenya dari soup cream di restoran fast food.Yang tentunya sudah kumodif. Mereka menggunakan susu, cream dan tepung terigu untuk membuat soup creamnya. Sedangkan punyaku tidak menggunakan susu dan cream. Sebagai pengganti susu dan cream, aku menggunakan santan kental.

 

Ada dua versi yang kubuat. Satu kuberi tambahan santan kental. Dan satu kuberi tepung terigu. Tentu saja tepungnya terigunya tidak banyak. Hanya ½ sdt makan. 

Rasanya memang berbeda. Yang pake santan. Rasanya seperti makan makanan bersantan. Contohnya sayur lodeh, tapi yang ini lebih ringan. Sedangkan yang pake tepung terigu, menurutku lebih creamy. Dan rasanya 11-12 dengan soup cream di restoran fast food itu. Tinggal ditambahin ayam dan potongan jamur kancing. 

Oke sekarang catat bahan-bahannya
Bagian yang tebal sawi putih
Bawang bombai setengah
Bawang putih 3 siung
Daun prei 1
Kaldu ayam. Kalau tak ada bisa di skip
Garam
Santan kental sesuai selera atau tepung ½ sendok makan.

Cara membuat:

Potong batang sawi putih. Cuci bersih
Iris bawang bombai, baput dan bawang prei lalu masukkan kedalam panci, yang sudah diberi sedikit minyak atau mentega dan mulai panas. Tumis sebentar sampai berbau harum. Masukkan kaldu ayam/ air sesuai selera. Tunggu hingga mendidih. Setelah itu masukkan batang sawi putihnya aduk aduk sebentar. Lima menit kemudian matikan kompor. Dan angkat sawi putihnya. Biarkan dingin. Lalu blender. Bila ingin hasilnya lebih lembut, saring. Kemudian masukkan kembali ke dalam panci. Tinggal tambahahin santan kental atau tepung yang telah diberi air sebelumnya supaya tidak bergerindil saat dimasukkan kedalam soup. Setelah itu tambahkan garam, dan merica bila suka. Tunggu sampai soupnya meletup-letup. Dan sajikan hangat.


Comments

Tulisan populer