Weird Soup : Snake Fruit Soup




Teman misua datang kerumah, dan membawa seplastik salak pondoh. Wew! Mo diapain salak sebanyak ini yak. Bila dimakan begitu aja, pastinya aku bosan. Selain malas ngupasin, gara-gara keseringan kuku jempolku tertusuk oleh kulit salak yang tajam. Akhirnya acara makan salakpun menjadi nggak asyik, karena rasa cenat cenut di jempol. Uh...


Seperti kita tahu salak atau dalam bahasa inggrisnya disebut Snake Fruit, memiliki nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah salak adalah kadar kalium dan pektin yang tinggi yang bermanfaat untuk otak. Kemudian ada tannin, beta karotin, saponin yang kesemuanya bagus untuk tubuh. Hmmm....membuat aku semakin tertarik, untuk mengutak-atik salak menjadi hidangan yang lezat nan instimewa. 

Dibarengi rasa pengen mencoba. Lalu kuputuskan untuk membuat soup, bukannya setup atau rujak, sebagai makan malam aku sendiri. Karena misua dan Key pasti bakal menolak mentah-mentah. Saat kucetuskan ideku saja, mereka pada ngeledek “Mama aneh! It’s OK lah. I love being different, out side of box is my life. Gubrak.....! With big smile.

Back to laptop.

Ngomongin masalah soup. Aslinya sih..yang aku  buat soup asal. Buah salak yang telah ku potong-potong kecil, kemudian didihkan air, lalu ku masukkan salak ke dalamnya. Kemudian ku beri minyak ikan, sedikit garam dan kaldu. Tunggu beberapa menit sampai salaknya tidak keras.Kemudian dicicipin. Hak! 

Rasanya embuhlah...hahhahaahaahha. Seperti kita berada di tengah tengah simpang enam. Dan bingung memilih jalan mana. Semua rasa seperti enggan untuk berpadu dan lebih suka berdiri sendiri. Kadang ada rasa manis, kadang ada rasa masam, tergantung keberuntungan saat memakan salaknya. Daripada dibuat soup mungkin ini akan lebih enak bila dibuat campuran pepes ikan kali yak. Rasa asam manisnya akan memperkaya rasa dari ikan.Pikirku sambil menelan soup snake fruit.

“Enak ma” Key bermaksud mencicipi, namun urung saat melihat ekspresi wajahku yang datar. Dia hapal betul gimana reaksi emaknya bila mencicipi makanan enak, dimatanya ada banyak bintang kejora, dan senyumnya mengembang penuh seperti bulan purnama. Dan biasanya mulutnya tak henti ngoceh memuji. ah...celeguk.

Sambil makan, kubayangin saja aku makan soup ayam. Daripada dibuang, sayang, sudah nggak dapat manfaatnya, buang-buang waktu pula.

Snake Fruit Soup

Hahahaha..untung cuma dikit, jadi cepet ngabisinnya. Sok ah.....happy weekend guys.



Comments

Tulisan Beken