A great taste of chayote juice and fail salad

Tadi siang, ada bapak pedagang keliling membawa bakul menjajakan sayuran.Dia hanya membawa jagung manis dan labu siam yang juga dikenal dengan nama jepang, manisa atau chayote dalam bahasa inggris. 


Labu siamnya kecil kecil dan masih muda.karena banyak, aku lantas membuatnya sebagai jus.masalahnya nggak ada juicer..jadi kuparut saja biar gampanh tinggal diperas.

Labu siam, memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan antara lain untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, mencegah anemia, membantu mengurangi berat badan, sebagai sumber stamina, dan masih banyak lagi.

Sebelum saya buat, jus. Labu siamnya saya cicipin dulu seperti apa rasanya. Dulu dulu mah kagak pernah men, paling juga dimasak tumis kl nggak gitu dimasak lake santan, enak dimakan pake lontong. Eh..nggak nyangka ternyata labu siam itu rasanya seperti ketimun lho. Kemudian setelah menjadi jus, rasanya segar, ada manis manisnya pula. Wew..... Kalau gini mah doyan.



Sekalian bereksperiment, kujadikan labu siamnya menjadi salad. Kupotong bentuk julienne saja, supaya gampang makannya. Soal dressing, idenya dari lawar bali...aku pake sambal matah, ada bawang putih, bawang merah dan cabe. Lantas ku remas remas sebentar dengan sedikit minyak kemudian ku beri garam sedikit. Untuk mempercantik tampilan salad.ku kasih potongan tomat.
Kucicipin...rasanya biasa saja, seperti makan ketimun. Ku jepret dulu sebelum ku makan. #halah

Terus tiba tiba idepun nambah.karena hari ini aku masak ikan, dan aku ingat menyisihkan beberapa potongan ikan pindang yang ku telah kusuwir suwir dan ku goreng dengan sedikit minyak. Kutaburkannlah suwiran ikan itu. Arghhhhhhhh.... Suatu kesalahan besar yang kubuat. Saat kucicipin, perutku langsung mual. Sebab labu siamnya mengandung air dan menyebabkan rasa amis ikan keluar. Selera makanku langsung turun ke level nol. Misua yang melihatku hanya geleng geleng kepala melihat "ide gila" istrinya.
Akhirnya aku tak makan malam.untungnya tadi sudah minum jus.

Catatan sepertinya aku lebih menyukai jus labu siam daripada dibuat salad.

Ya sudahlah.... Gitu aja.
Selamat malam guys....

Comments

Tulisan populer