Green Salad with Poach Egg and Sambal Matah



Green salad with poach egg and sambal matah


Hello Guys.... apa kabar kalian? 

 Gegara mood sedang ngambek, alhasil semua ide dikepala akhirnya kubiarkan ngendon. Padahal kesibukan biasa saja. Seminggu tidak posting, membuatku rada kagok tuk memulai dari mana. #lebaydotcom


Okey... aku mau bercerita dulu. Tadi pagi aku senang sekali, dapet selada keriting (lettuce) yang dibawa oleh pak sam. Ngomongin Pak sam, dia adalah tukang sayur langganan aku. Orangnya ramah, suka senyum dan yang aku suka darinya adalah, rasa humornya yang tinggi. Biasanya, pedagang sayur lainnya, kelihatan dingin, ngelayanin seadanya saja. Keseringan wajahnya masam. Tapi Pak Sam beda. Dia bisa layanin pelanggannya dengan celotehan lucu dan senyum yang khas. Makanya dia selalu rame, dan aku rela belanja ke dia, yang tempatnya kira kira 100 meter dari rumah. Meskipun didekat rumah ada. Selain lebih lengkap, pelayanan oke, harganya juga lebih murah. Hahahhahaha ini yang aku suka, biasalah emak-emak pengennya yang lebih murah.

Sumprit... pagi-pagi ketemu sama lettuce rasanya seperti dapat lotere. Seneng pake banget dah.  Wong Pak Sam, jarang banget bawa lettuce.Prinsip menuku  simple, masaklah apa yang jual oleh pak sam. Bila adanya tempe sama kangkung, ya udah masak itu aja. Nggak usah dibuat ribet.

Berhubung lettuce sudah ada ditangan. Hari ini ini aku bisa membuatnya menjadi salad. Sebuah idepun muncul dikepala. Rasa lettuce yang renyah, dipadukan dengan apa saja enak. Misalnya telur, ayam atau dimakan sendiri.

Kali ini aku akan membuat salad dengan poach egg dan sambal matah. Ngebayangin aja air liurku udah netes.... #eh.

Apa aja bahannya mak?

Wokey.... catat sekarang:
Selada keriting
Telur
Bawang putih
Bawang merah
Cabe
Cuka
Minyak

Cara membuat:

Cuci bersih selada, kemudian tiriskan. Lalu potong-potong atau sobek sesuai selera. Letakkan diwadah atau langsung dipiring saji. Taburi sedikit garam untuk penambah rasa.
Rebus air untuk membuat poach egg, tambahkan sedikit cuka. Setelah mendidih, pecahkan telur dalam gelas kemudian pelan-pelan masukkan ke dalam air mendidih, jangan diaduk aduk, supaya tidak pecah. Kira-kira 3-4 menit, angkat. Karena saya lebih suka telurnya setengah matang. Kalau mau telurnya well done, silahkan tunggu sampai benar-benar matang. Tiriskan dan letakkan diatas selada. Sayangnya poach egg-ku tidak bagus penampilannya. Saat kuangkat kuning telurnya pecah. Halah... ya begini kalau koki belum tamat. Masakannya rada amburadul bin tak karuan. No problemolah wong dimakan sendiri. Waks ngeles tingkat dewa.

Membuat Sambal matah

Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabe. Tempatkan dalam wadah/ piring kemudian beri sedikit minyak, campur dan remas-remas. Sekedar catatan, sambal matah rasanya semakin enak bila menggunakan minyak kelapa asli.Tambahkan garam, terasi dan royco bila suka. Aku tidak memakainya. Karena ingin rasa alami dari sambal matah itu. Lagian seladanya tadi sudah kukasih garam. It is enough for me

Besok keknya pengen buat salad yang ada sambal mangga mudanya.......
Ya udah deh... gitu aja
Selamat siang menjelang sore,
Tabik





Comments

Tulisan populer